BKKBN SULSEL GELAR UJI KOMPETENSI BAGI PENYULUH KB

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan pelaksanaan Ujian Sertifikasi bagi Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 7 hari pada tanggal 14, 15, 19 20, 21, 26, 27 Oktober 2020 yang bertempat di Ramedo Hotel Makassar. Kegiatan ini diikuti sekitar 743 peserta yang berasal dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Ujian sertifikasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan karir dan mempersiapkan jabatan fungsional PKB dan PLKB yang berkompeten. Ujian sertifikasi bagi PKB/PLKB telah dilaksanakan sebanyak 4 kali sejak tahun 2017, 2018, 2019, hingga tahun 2020 saat ini. Ujian sertifikasi kali ini diprioritaskan bagi PKB/PLKB yang akan naik jabatan namun hasil ujian sertifikasi sebelumnya berstatus “Tindak Lanjut Pengembangan”.

Sertifikat kelulusan yang akan diperoleh peserta setelah mengikuti ujian tersebut menjadi salah satu persyaratan naik jabatan dalam jenjang PKB yang harus dimiliki oleh PKB maupun PLKB. Ujian yang telah berjalan selama 4 hari ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan membawa keterangan hasil rapid test  non reaktif sebagai syarat masuk ruangan ujian, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer dan wajib memakai masker selama ujian berlangsung.