PERSIAPAN PELAKSANAAN PENDATAAN KELUARGA TAHUN 2021 PERWAKILAN BKKBN PROVINSI SULAWESI SELATAN MELAKUKAN UJICOBA PENDATAAN KELUARGA DI KABUPATEN GOWA DAN MAROS

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21), maka dilaksanakan ujicoba serentak di 34 Provinsi dimana setiap Provinsi menentukan 1 Kabupaten/Kota untuk dijadikan lokus wilayah ujicoba dengan pembiayaan dari BKKBN Pusat, dengan dukungan ketersediaan anggaran yang masih ada pada Sub Bidang Data dan Informasi  Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan selaku leading sector pelaksanaan PK21 maka wilayah Ujicoba ditambahkan 1 lagi, sehingga menetapkan Kabupaten Gowa dan Maros untuk menjadi lokus wilayah ujicoba PK21.

Orientasi PK21 di Kabupaten Gowa (24-25 November) dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Gowa Sofyan Daud, S.Sos., MSi., dalam sambutan dan arahannya Sofyan Daud menyampaikan bahwa momentum ini  sangat baik sekali karena tidak semua Kabupaten/kota mendapatkan kesempatan ini dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Kader pendata dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB/PLKB) untuk memperbaiki kualitas data keluarga yang ada dilapangan. “Semoga nantinya perwakilan BKKBN juga memberikan reward bagi Kader Pendata dan PKB/PLKB yang memiliki hasil Pendataan Keluarga yang baik sehingga dapat memacu kinerja para petugas KB di lapangan” lanjut Sofyan Daud.

Sementara itu, pelaksanaan Orientasi PK21 di Kabupaten Maros (23-24 November), dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk H. Muh. Jufri, SE., MM., beliau menyampaikan terima kasih kepada  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan karena telah menetapkan Kabupaten Maros sebagai lokus wilayah tambahan untuk ujicoba PK21 ini dengan pembiayaan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama diawali dengan Orientasi yang berisikan materi mengenai kebijakan pelaksanaan Pendataan Keluarga yang disampaikan oleh Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan (Drs. Ihsan, M.Si), dan materi teknis mengenai cara pengisian formulir, managemen data bagi Kader, supervisor dan manager, tata cara melakukan pendataan keluarga di lapangan dan cara merekap data yang telah didata baik melalui smartphone atau formulir yang disampaikan oleh Kepala Sub. Bidang Data dan Informasi  Perwakilan BKKBN Prov. SulSel (Evita Marini, S.KM) dan Pranata Komputer Perwakilan BKKBN Prov. SulSel (Ariani Hamsir, S.Kom), selanjutnya hari kedua Kader dan Supervisor melakukan Pendataan Keluarga secara langsung dengan mengunjungi rumah ke rumah (melalui smartphone based dan paper based) untuk mengaplikasikan materi yang sudah diberikan pada hari pertama.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan pengalaman atau pembelajaran awal bagi Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana di tingkat lini lapangan dalam melakukan tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilakukan pada saat pelaksanaan Pendataan Keluarga tahun 2021 mendatang. (YN)