AWAL TAHUN BKKBN MENGGELAR DISEMINASI VISUALISASI INDIKATOR OPERASIONAL DAN ANALISIS DATA BEKERJASAMA DENGAN JHCPP

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP) melalui program Pilihanku hari ini
Rabu 6 Januari 2021 Menggelar kegiatan awal tahun berupa Diseminasi Visualisasi Indikator Operasional dan Analisis Data.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dimana telah dilakukan sosialisasi dasbor yang menampilkan indikator operasional yang bersumber dari Aplikasi statistik rutin BKKBN yaitu sebanyak 89 indikator terkait pengendalian lapangan (DALAP) dan pelayanan kontrasepsi (PELKON). Visualisasi ini juga menyajikan model analisis sederhana untuk data-data statistik rutin BKKBN yang telah ada. Data dashboard ini diharapkan akan membantu untuk dapat mempermudah para pengampu program baik di tingkat nasional, provinsi, maupun OPD KB di tingkat kabupaten/kota dalam melakukan presentasi, pelaporan data maupun melakukan analisis sederhana dari data-data statistik rutin yang tersedia.

Kegiatan yang berlangsung di ruang Masagena dengan peserta terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan dan secara virtual melalui Zoom ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Teknologi, Informasi dan Data Dr. Mahyuzar, M.Si beserta Tim, Direktur Direktorat Pelaporan dan Statistik Drs. Rudi Budiman beserta Tim, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd beserta perwakilan dari setiap komponen dan Direktur Program Pilihanku  Yunita Wahyuningrum beserta Tim JHCPP.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd yang berkesempatan memberikan sambutan dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas terselenggaranya kegiatan ini dan menyambut baik Aplikasi Dashboard ini, “Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan sebagai pilot project dalam program Pilihanku akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang akan memberikan peningkatan bagi program Bangga Kencana dan akan terus mensosialisasikan ke tingkat kabupaten/kota agar kualitas data yang diperoleh setiap bulannya terus meningkat” lanjutnya.

Setelah diseminasi ini dilakukan, dengan adanya situasi pandemi, bimbingan teknis secara langsung pada kabupaten/kota belum memungkinkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, dalam periode waktu tersebut, lebih difokuskan pada upaya untuk meningkatkan dashboard dengan memperbaiki formula indikator, tampilan fitur dan juga kecepatan untuk mengakses dashboard tersebut. Sebagai tahapan selanjutnya, BKKBN bersama tim JHCCP akan melakukan penyegaran pada tim BKKBN provinsi sekaligus untuk mempersiapkan tim BKKBN provinsi dalam melakukan bimbingan teknis (bimtek) pada kabupaten/kota di provinsi tersebut. Materi bimtek akan mencakup penyegaran penjelasan materi tentang penggunaan dashboard dan analisis data untuk pengembangan program serta rencana untuk melakukan bimbingan teknis. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, proses penyegaran dan bimbingan teknis ini akan dilakukan secara daring terlebih dahulu. (YN)