BUPATI BULUKUMBA TERIMA PENGHARGAAN DARI KEPALA BKKBN

Keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba mencapai target yang diberikan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada kegiatan Pelayanan Sejuta Akseptor KB yang dilaksanakan pada bulan Juni lalu, mendapat apresiasi dari Kepala BKKBN, Dr.(H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG. (K).

Secara langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani, M.Pd menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Bulukumba, A. M. Sukri A. Sappewali bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis (14/01/21)

Andi Rita menyebutkan piagam ini diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada pemerintah Bulukumba atas capaian melampai target pada Pelayanan KB Sejuta Akseptor yang dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020.

“Dalam pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Harganas lalu, Kabupaten Bulukumba berhasil mencapai target yang diberikan BKKBN bahkan melebihi hingga 107,33 persen” ungkap Andi Rita

Andi Rita menjelaskan berdasarkan laporan data BKKBN, Kabupaten Bulukumba memberikan kontribusi sebanyak 1.625 akseptor atau 107,33% dari target 1.504 akseptor. Atas kontribusi daerah, BKKBN berhasil mencatatkan diri dalam Museum Rekor Indonesia (MuRI) sebagai pemrakarsa pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam sehari dengan jumlah akseptor secara keseluruhan sebanyak 1.439.966 akseptor.

Lebih lanjut Andi Rita menyebutkan bahwa Bulukumba adalah salah satu daerah yang memiliki kinerja yang bagus dalam layanan KB. Terbukti mampu melampau target saat Program Sejuta Akseptor KB yang digelar serentak se Indonesia di 34 provinsi.

“Banyak kabupaten kota yang tidak memenuhi target, ada yang hanya mencapai 70 persen, namun Kabupaten Bulukumba mampu melampau target yang diberikan” ungkapnya.

Andi Rita mengungkapkan jika selama Pandemi Covid 19 terjadi penurunan kesertaan ber-KB disebabkan kekhawatiran masyarakat datang ke fasilitas kesehatan. Lewat momentum peringatan Hari Keluarga Nasional dilaksanakan Pelayanan KB sejuta Akseptor sebagai upaya mendekatkan pelayanan KB kepada masyarakat.

Lewat kesempatan itu, Andi Rita menepis anggapan bahwa BKKBN hanya mengurusi sebatas kontrasepsi saja, Ia menjelaskan bahwa tugas BKKBN meliputi seluruh siklus hidup manusia sejak dalam kandungan, lahir hingga lansia

“BKKBN tidak hanya mengurus kondom atau alat kontrasepsi saja. Tetapi lebih dari itu dimana ada dua tugas utama BKKBN yaitu mengendalikan pertumbuhan penduduk dan menyelenggarakan Keluarga Berencana, yang dijabarkan dalam tiga program besar yang disebut program Bangga Kencana atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana” tutur Andi Rita

Lebih lanjut Andi Rita mengungkapkan pada tahun 2021 akan dilaksanakan Pendataan Keluarga selama sebulan. Pendataan ini akan menghasilkan data mikro untuk mengukur Indeks Pembangunan Keluarga (iBANGGA) yang dinilai melalui tiga dimensi yaitu dimensi ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. Ia menambahkan melalui pendataan keluarga akan diperoleh data mikro yang dapat digunakan dalam perencanaan  program dan kegiatan di daerah, khusunya program yang berkaitan dengan pembangunan manusia

Diakhir sambutan, Andi Rita menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang turut serta menyukseskan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bulukumba, A. M. Sukri A. Sappewali menyampaikan terima kasih kepada BKKBN atas penghargaan yang diberikan. Ia mengatakan faktor keberhasilan kegiatan pelayanan KB Sejuta akseptor di Kabupaten Bulukumba karena adanya sinergitas dan kerjasama yang baik antara jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan KB bersama PLKB didukung IBI, TP PKK dan Kodim 1411 Bulukumba.

Sukri menyebutkan peran penyuluh KB sangat penting dimasa pandemi Covid 19, dimana saat ini masyarakat dianjurkan untuk tinggal di rumah, sehingga sangat rentan terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan. Sehingga pandemi ini dapat memicu

Atas penghargaan yang diberikan BKKBN, Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para petugas lapangan KB dan para stakeholder atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mendukung program Pengendalian Penduduk dan KB di Kabupaten Bulukumba.

Turut hadir dalam penyerahan penghargaan ini, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Bulukumba, Abdul Khalid Rauf, Wakil Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Hj. Aminah Syam, Sekretaris Daerah Bulumba Hj. A. Misbawati, dan Sekretaris BKKBN Sulsel, Dr. Faizal Fahmi, S.K.M, M.Kes