BKKBN MENGGELAR ORIENTANSI APLIKASI NEW SIGA BAGI PENGELOLA DATA DI KABUPATEN KOTA

New SIGA, menjadi harapan baru dalam penyediaan data dan informasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana yang valid, akurat, dan akuntabel. Harapan tersebut didasarkan pada prinsip kualitas dan akuntabilitas data dengan menerapkan pencatatan dan pelaporan By Name By Address, serta adanya integrasi antara sub sistem Pelayanan Kontrasepsi, Pengendalian Lapangan dan Pendataan Keluarga. Diharapkan dengan data yang dihasilkan dari New SIGA ini dapat memenuhi kebutuhan program termasuk mengukur capaian indikator kinerja pada RENSTRA BKKBN serta kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi baik internal dan eksternal melalui penyempurnaan aplikasi dan dukungan infrastruktur Teknologi Informasi.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ritamariani, M. Pd membuka Orientasi New Siga angkatan I yang bertempat di Mercure Hotel (19/11/21). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh Kepala Bidang dan Kepala Sub Bidang yang menangani  data dan informasi, Ketua DPC IPeKB dan Penyuluh KB. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan sebanyak 3 angkatan bagi seluruh kabupaten/kota dan setiap Angkatan terdiri dari 8 kabupaten/kota dan untuk Angkatan I terdiri dari  Kabupaten Gowa, Bone, Barru, Bantaeng, Enrekang, Jeneponto, Maros, Pinrang.

Pelaksanaan Pre-implementasi New Siga diharapkan sebagai momentum yang tepat untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem pencatatan dan pelaporan terutama aplikasi berdasarkan kendala yang ditemukan dilapangan.

Tujuan dari Orientasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang aplikasi New Siga dan pemanfaatanya dalam perencanaan Program Bangga Kencana Kedepannya (YN).